Minggu, 07 November 2010

Pengetahuan : Norma - norma yang berlaku

Hai sobat kita ketemu lagi di blog ini ( haha )....Kali ini saya akan membahas tentang norma - norma yang berlaku di Indonesia. Banyak sekali norma - norma yang ada di Negeri ini , contohnya :

  • Norma Kesopanan 
Norma kesopanan ialah sebuah norma yang menuntut kita untuk sopan di berbagai lapisan masyarakat, yang lebih tua maupun yang lebih muda. Contoh : Salam sebelum berangkat sekolah kepada Ortu, Berbicara baik dan benar terhadap teman.


  • Norma Adat
Norma adat ialah norma - norma yang berisi tentang nilai - nilai budaya, etika, hukum adat dan berlaku di suatu adat tersebut. Contoh : Suku Minangkabau menerapkan sistem matrilinear ( pihak ibu ).G


  • Norma Kesusilaan
Norma kesusilaan ialah suatu norma yang berasal dari hati nurani manusia. Biasanya jika melanggar mendapat gunjingan dari masyarakat sekitar


  • Norma Agama
Norma Agama ialah suatu norma yang dianut oleh umat agama tertentu. Norma - norma tersebut berada di dalam kitab suci umat agama masing - masing.


  • Norma Hukum
Norma Hukum ialah suatu norma yang dibuat oleh sebuah pihak yang berwenang untuk mengatur masyarakatnya. Norma Hukum mempunyai sifat - sifat, yaitu : Menyeluruh, memaksa, dan mempunyai sanksi - sanksi yang tegas dan jelas.

     Segitu dulu ya..Kita harus berguna bagi nusa dan bangsa. Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar